intelectual property.

you are welcome to look, read, study, and learn. you are welcome to link/share it. you are welcome to quote or rewrite some of my post, but please don't forget to mention me/link my site.
but you are not allowed and please don't take any of the picture (with or without watermark) from this site without my permission.

Tuesday, January 15, 2013

Pets : Kejang-kejang pada kucing

Waktu itu ketika aku sudah pasrah terhadap nasib apapun yang akan diterima kucingku yang sedang sakit parah, dia sempat mengalami apa yang disebut kejang-kejang pada kucing selama beberapa hari, dan dalam 2 hari diantaranya dia kejang hampir selama 24 jam. Benar-benar bikin sedih dan panik kalau kamu tak tahu apa yang sedang kamu hadapi.

Kejang-kejang pada kucing terjadi ketika terjadi aktivitas elektrik yang tak normal di otak.
Bisa saja terjadi hanya sekali, beberapa kali, atau secara berkala.

Perhatikan!
Kejang bisa dimulai dari kucing tiba-tiba terbaring, kaku, lalu mulai kejang (pergerakan otot yang tak disadari yang tamapk seperti kucing menegakkan tubuhnya, mengayuh kakinya, mengangkat rahangnya, dan sejenis itu). Kucingmu bisa saja lalu pipis atau pup selama kejang. Umumnya kejang terjadi 1-2 menit saja.

Kadang kucing menunjukkan ciri sebelum kejang, seperti mondar-mandir, berkeliling, mengeong keras, atau muntah. Setelah kejang, kucingmu akan bingung, bisa lumpuh sejenak di satu atau lebih kaki, tampak buta, muntah, atau menunjukkan perubahan perilaku. Biasanya hanya sementara, meski butuh beberapa hari sebelum jadi 'normal' lagi.

Penyebab.
Kejang pada kucing terjadi karena ada yang salah di otaknya, dan kadang tak menunjukkan ciri-ciri lain. Kadang kejang terjadi secara spontan, yang mengarah ke epilepsi.

Perawatan langsung.
Jangan biarkan kucingmu melukai dirinya sendiri tanpa dia tahu. Jadi : tetap tenang, ingat bahwa kucingmu sedang tak sadar akan yang terjadi jadi hati-hati jangan sampai tercakar atau tergigit, pindahkan ke tempat yang aman untuknya, hati-hati karena ketika kejang selesai kucingmu bisa bingung dan tak mengenalimu sehingga bisa menyerangmu atau kabur, jika kejang tak juga berhenti bawa ke veterinarian (dokter hewan) sesegera mungkin untuk pengobatan.

Pengobatan
Obat yang biasa diberi vet adalah diazepam atau mungkin phenobarbital yang bisa menghentikan kejang.

Penyebab lain.
Hypoglycemia, sakit ginjal, sakit hati, meningitis, tumor, dan macam-macam infeksi bisa menyebabkan kejang.

Pencegahan.
Sayangnya tak ada yang bisa mencegah kejang. Yang bisa kita lakukan adalah mencegahnya melukai dirinya lebih jauh ketika kejang terjadi.

*biarkan hanya mimpi baik yang lewat di pintumu

Semoga kucingmu selalu baik-baik saja. . .

sumber :[1]

NOTE: Buat siapapun yang membaca artikel ini dan melihat gejalanya dalam kucing kesayangan kamu, jangan meninggalkan komen pertanyaan apa yang harus dilakukan ya, tapi langsung bawa kucing kesayanganmu ke dokter hewan langganan kamu. Beliaulah yang akan bisa menjawab pertanyaanmu itu. ^ ^ (tanyalah ke teman2 kamu jika belum punya dokter hewan langganan)

29 comments:

Eka Firman said...

Apakah ada kemungkinan kejang-kejang lagi? Karena baru kali ini kucing saya kejang-kejang. Umur kucing saya kurang lebih 1 bulan karena baru nemu.

Untuk gejalanya agak berbeda. Kucing saya bermain seperti biasa. Tetapi ketika mau tidur (jam 11 malam tadi) dia langsung kejang-kejang (1-2 menit), lalu mengekuarkan air seni dan kotoran (mencret). Setelah itu, dia mengeok keras. Sekarang kucing saya dah tidur tetapi nafasnya agak memburu, detak jantung normal, suhu badan pun normal.

Ajeng Sitoresmi said...

dari pengalaman pribadi, aku lebih suka membiarkan waktu yang menyembuhkan kucingku.. tp kalo kamu khawatir, bawa saja ke vet terdekat untuk diperiksakan supaya tahu apa yg bikin dia kejang-kejang. Semoga baik-baik saja :)

Eka Firman said...

Amin. Trimakasih atas sarannya.

moudyna chika damayanti said...

Kalau kucing saya, tiba2 gemetar bagian tangan dan kaki, pupil mata mengecil, perut kempis, dan mengeluarkan lendir dr mulut dan anus. Dia sempat jalan beberapa langkah, tp hanya menggunakan kaki depan, karena kaki belakangnya seperti tdk dpt digunakan. Semua terjadi hanya berkisar 30 menit. Sampai pd akhirnya kucing saya meninggal. Kira2 apa penyebabnya ya? Thanks.

Ajeng Sitoresmi said...

saya tidak tahu jawabannya..
lebih baik tanya ke vet saja. mereka pasti lebih tahu :)

lina yulianti said...

Knpa ya. Kucing tiba2 mutar2 ga jelas trus gaa bs gerak kra2 semnit lalu mengeong keras smbil kluar air liur. Selang beberapa menit berulang2 spt itu. Apa tu trmsuk pnykit kejang? Apa obatny? Thx yaa

Ajeng Sitoresmi said...

kemungkinan itu kejang sis.. dibawa ke vet langganan segera aja :)

Dina Alang said...

sis kucingku kejang-kejang juga udah beberapa hari sis, itu gmana ya???

Ajeng Sitoresmi said...

segera bawa ke vet ya sis. Semoga tidak ada sakit yang mengkhawatirkan

Anonymous said...

kucing aku berbaring di samping dan keempat kakinya kaek berlari kenceng selama 1 - 2 menit. Terus ada banyak air liur di mulut. Setelah itu ngeong ngeong keras. kaki lemah seakan tidak ada tenaga setelah itu. Penglihatan juga kaeknya burem. Kalau di pegang akan berontak. Apa yah penyebabnya?

Anonymous said...

Kucing saya sekarang kejang tapi udh 5 menit blum berhenti.apa harus di bawa ke dokter?tapi kemarin malam baru saja di bawa ke dokter

Danny Widyantoro said...

Kucing sy juga mengalami hal yg sama dgn kucing mbak Ajeng. Pertanyaan sy apakah kucing mbak Ajeng sembuh dengan sendirinya tanpa perawatan vet. Trims

Ajeng Sitoresmi said...

kucing saya sekarang sudah mati, tapi penyebabnya bukan kejang.

jika terjadi segala sesuatu, lebih baik segera dibawa ke dokter hewan. Jadi lebih bak menyiapkan nomor kontak dokter hewan langganan yang bisa dihubungi kapan dan jam berapa saja, karena kadang kita tidak bisa mengepaskan kebutuhan dengan jam buka klinik hewan.

Ahmad Basori said...

kucing saya umurnya sekitar 10 bulan, sekitar umur 4 bulan dia pilek dan gak sembuh", dapet saran disuruh di uap pake minyak kayu putih dan air hangat sedikit dan Alhamdulillah sudah sehat, tapi akhir" ini hampir setiap hari dia kejang" saat dia lagi menjilati tubuhnya, kejangnya sekitar 1-2 menit setelah itu dia biasa lagi tapi langsung minum. Yang saya heran, badannya lebih gemuk dibandingkan dua saudaranya meskipun punya sedikit kelainan. Saya harus gimana ya biar dia gak kejang lagi ? Trims

Meyra Rahmagatty said...

Kucing ku awalnya juga gitu .. Tapi kekinian intensitas kejangnya makin sering . Malah tadi barusan kucing ku habis kejang kejang mulutnya berbusa dan ngeongnya keras banget padahal pendiem dan ngga banyak ngeong ... Kalo aku sih pas kucing nya kejang itu langsung disadarkan .. Soalnya takut kenapa kenapa .. Disadarkannya sih pake cipratan air atau kadang kadang kalo ga mempan itu pukul pelan di kepalanya ... Memang setelah itu dia langsung sadar dan lari ketakutan . Tapi setelah beberapa menit dia balik lagi ... Gitu sih ...kasihan empussnya

Anonymous said...

@meyra mungkin penyakit yang namanya distemper.. coba di search

Unknown said...

Sama persis sama kucing saya.. mutar2 kejang2, kandang sampai nabrak segala macam yg ada disekitarnya. Sampek hidungnya lecet dan berdarah. Biasanya kalo mau kejang2 gtu dia terlihat bengong,kadang matanya kedip2 kyak klilipan, atau menengok kebelakang. Kalo udh seperti itu biasanya aq ambil handuk/slimut. Trus aku tutup badannya sama handuk td, terus aku peluk, sampek dia tenang n detak jantungnya normal. Biasanya kalo sdh normal ditandai dgn dia mengeong manja. Baru setelah itu aku lepasin n dia lari2 lg. Perlu diingat waktu kejang gitu badannya kuat bgt n sulit utk didiamkan. Jd kita harus memegangnya dgn kuat. N jangan sampek mukanya ketutup kain. Coz dia jd gk bisa napas.

Anonymous said...

Kucing sy jg mengalami hal yang sama, kejang2 selama 24 jam, intensitasnya tiap 20 menit selama 1-2 menit. Mulut berbusa sampai bercucuran, kalo ga dipegang dengan paksa, dia bisa membontang bantingkan badannya ke segala arah. Ya Allah...sakit banget liatnya ampe menangis tiap dia kejang.
Dibawa ke vet di hari kedua kejang, tes darah dan segala hal, kata dokter katanya keracunan dari pestisida yg biasa disemprot ke rumput/pohon...berikut itu jg dokternya pake kata2 "mungkin"...pdhl dah tes darah sama lab. Dikasihlah obat 3 jenis, yg satu tablet pahit, satunya lgi semacam obat tidur, dan satunya lgi sebotol amoxilin.
Hari ketiga, kejang msh berlanjut, 24 jam, intensitas dan durasi msh sama.
Hari keempat, kucingku tak lagi kejang. Pikirku, alhamdulilah sekali mungkin dia sembuh. Nafsu makan pun normal.
Hari kelima, kaget kucingku tiba2 kejang lagi, intensitas setiap 40 menit selama dua menit kejangnya. Dengan sabar, aku tungguin sampai pagi, merelakan waktu tidurku terbuang. Sampai jam 05.45, kucingku kejang...untung yg terakhir kalinya. Semoga tenang dan bahagia di sana ya nak...

Adinda Lestari said...

sampe sekarang belom tau kapan kucing saya akan kejang, dulu sering liat waktu masih tinggal di kos tapi semenjak udah di rumah gak pernah liat lagi, hanya banyak liur di satu sisi dan setelahnya linglung banget.

3 hari kemaren dia kumat, kali ini linglungnya 2 hari sedih banget liatnya, gak mau makan dan minum diem aja gak mau main. akhirnya disaranin untuk dikasih 4life transfer factor kalo ngga salah namanya. udah 2 hari dikasih dan alhamdulillah udah seperti biasa, mudah2an gak kejang lagi atau minimal berkurang kejangnya aminnnn

Ecy Febri said...

Tolong dong kucing saya habis di buang adik saya dan terbentur. Stlah itu kucingny kayak kejang gitu. Lehernya kaku. Kakinya brgerak gerak.. klo mau maksa jalan. Jatuh lagi. Klo soal pupnya normal. Buang air kecil juga gitu normal.. yg heran lehernya kaku slalu d arahkan ke belakang.. kyak kayang gitu.. gimana ya cara prtolongan prtama. Soalny ga ad dokter hewan d daerah saya. Cara mngatasi dgn alami tanpa ke dokter hewan

Ajeng Sitoresmi said...

ecy febri: cari dokter hewan segera deh. search di google dengan keyword dokter klinik hewan +(nama kotamu) bisa membantu.

Ndutz Silvia said...

Sy mempunyai ank kucing berumur kurang lbh 1 bln..bebErapa minggu lalu ank kucing sya tak sengaja sya ijak krn dia smbunyi di bwh kesEt yng da di kamar mandi..stlh tu sya bW ke dokter hewn yg dkt rmh..kata doktr'a dia hnya pilek tp stlh bbrpa hari dia sllu kejang spRTi patung n nafas'a pun brhnti bEberpa mnit..stlh kjang itu sy lihat dia pipis n pup..pertnyaan sya pa kucing sy sprti tu akibat sya injak yg tdk sya sengaja..lalu pakah tdk mnular ke pd manusia..mslhnya sya n ank" sya sEring menggendongnya..sblm'a sy ucapkan trma ksh n tlng penjelasan'a...

della Dwi Cahya said...

Kucing saya skrng lg kejang2 sudah sekitar 20 menit, mengeluarkan air liur banyak smbil mangap2 gt, tp mkin ksni udh ga begitu lebar mangap nya dan dia mengeluarkan kotoran jg, saya harus bagaimana saya sangat panik.

i love squishy said...

Kucing saya kok kejang dan kaya struk(mulutnya agak menyamping)

rickney said...

Kucingku mati setelah kejang2

Donna TirtaSatya said...

Kucingku kmrn siang mati, kasian banget liat dia kejang2 kesakitan dari mulutnya keluar busa, aku cuma bisa nangis, 2jam sblmnya baru dibawa kedokter hewan, disana disuntik antibiotik sm vitamin, katanya syarafnya kena karena sminggu sblmnya dia pilek n keluar cairan coklat n bau dari kuping (infeksi) karena kemasukan air pas adik aku yg mandiin sendiri 😿😿😿

Mafit Suherjan said...

Sama bro,,aku juga dapat khabar dari rumah kucingku sama persis kyak yg di alami,jdi sedih nee,,dia udah dekat bnget sama aku,,smga dia tenang d alam sana

Hana Muqarramah said...

Kucingku sudah 2 kali kejang. Yang pertama, waktu itu sudah jam 2 malam. Terus kucingku mengeong-ngeong keras. Saya terbangun lalu melihat kucing saya, dia kejang-kejang ternyata. Tapi takut ada kenapa-kenapa, soalnya dia lagi hamil tapi baru awal bulan. Tapi alhamdulillah ga terjadi apa-apa. Nah yang kedua itu barusan tadi pagi. Kucingku kejang lagi terus kencingin dirinya gitu, terus dia baru mau hamil begitu. Ini ada hubungannya dgn hamil?:'3

Raden Muhammad Yoga said...

gan , bru aj kucing gw ngejilat bekas minyak telonlang , nah trus diany kluar busa , gw panik saat it , gw ambil air ntuk sih kucing tpi kucingny malah kabur
yang mw gw tanyakan , jika penangananny terlambat kucing it gimana ya? ( jujur gw panik bnget )

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...