intelectual property.

you are welcome to look, read, study, and learn. you are welcome to link/share it. you are welcome to quote or rewrite some of my post, but please don't forget to mention me/link my site.
but you are not allowed and please don't take any of the picture (with or without watermark) from this site without my permission.

Saturday, June 29, 2019

DIY: Garukan dari kardus untuk kucing (scratching cardboard)


Hai!!

Apakah kamu habis pindahan? Atau kamu punya usaha yang menghasilkan efek samping kardus bekas yang menumpuk? Atau kamu sekedar hoarder kardus yang mulai bosan dengan beberapa koleksi kardusmu?

Lalu... apakah kamu punya kucing? Dan kucingmu suka menggaruk sofamu?

Jika jawabannya adalah ya dan ya, jangan khawatir. Kucingmu cuma butuh tempat garukan tuh. Dan tak perlu beli mahal-mahal atau jauh-jauh. Mari cukup gunakan kardus bekas yang kamu sudah punya itu.

Garukan kucing dari kardus memang sudah mudah didapatkan secara online lewat marketplace, tapi garukan kucing dari kardus seperti ini hanya bisa bertahan hingga 1 tahunan. Lama kelamaan dia akan menjadi halus karena sering dipakai. Jadi daripada beli, mending kita bikin sendiri saja di rumah dan sekaligus bisa mengurangi sampah.


DIY: membuat scratching cardboard (garukan dari kardus) untuk kucing.

- Persiapkan alat dan bahannya: cutter tajam, penggaris besi panjang, lem serbaguna yang bening (merk alteco atau sejenis), kardus-kardus.

- Pertama-tama buat dulu alas untuk garukan yang dimau. Dalam kasusku sih aku engga bikin, tapi milih. Aku memakai kardus kecil yang pendek seperti: kardus bekas kemasan pizza, kardus bekas kemasan teh kotak isi 24, kardus bekas sepatu, atau kardus bekas beli kaus... sisihkan.

- Memegang penggaris dan cutter, mulai potong-potong kardus panjang-panjang selebar penggaris yang kamu pakai. Potong 90 derajat dari serat kardus (jadi tidak searah dengan seratnya)

- potong sesuai lebar alas garukan yang sudah kamu siapkan, lalu tempel satu persatu ke alas dengan posisi berdiri sambil terus memotong sesuai kebutuhanmu.

dan jadi deh! Tinggal kamu berikan ke kucing kesayanganmu buat tempat dia garuk-garuk.



Pstt.. hati-hati, prakarya yang ini agak adiktif. hihi.

* * *

Bonus.


Kamu penasaran juga dengan garukan yang dari tali? Gampang itu, kamu tinggal pergi ke pasar dan membeli tali (bilang aja tali untuk garukan kucing, atau kalau penjualnya tidak tahu, kamu minta tali tebal seukuran tali pramuka yang bahannya dari sabut kelapa atau serat daun).

Di rumah, kamu bisa memakai kaki meja, kaki partisi, atau kaki kursi (pilih yang lumayan besar diameternya), lalu mulai lilitkan talinya disana dan dipaku untuk mengunci.

Setelahnya, kamu ajak kucingmu untuk menggaruk disana. Beres deh.

* * *

Di rumah aku sudah membuat garukan dari tali ini dari 4 tahun yang lalu, dan garukan dari kardus lebih dari setahun yang lalu. Kucing-kucingku selalu memakainya dan aman deh sofa kesayangan.



Salam crafting,

ajeng-sitoresmi.blogspot.com
@ajeng_poyeng

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...