intelectual property.

you are welcome to look, read, study, and learn. you are welcome to link/share it. you are welcome to quote or rewrite some of my post, but please don't forget to mention me/link my site.
but you are not allowed and please don't take any of the picture (with or without watermark) from this site without my permission.

Tuesday, January 1, 2013

Pets : Stroke pada Kucing

Yap, aku punya kucing dan hanya seekor, jantan, dan kunamai Beck. Ini adalah kali pertama aku memutuskan untuk memelihara kucing dengan cara serius.
Dan bukan kucing yang cantik dan mahal, Beck hanya kucing mixed breed biasa yang dapatnya pun gratisan. Tak kusangka akan jadi pengalaman berwarna dalam memelihara hewan piaraan.


Tak bedanya dengan memelihara kucing persia atau semacamnya, Beck secara rutin grooming, sudah vaksin, pun dibawa ke veterinarian ketika dia sakit. Sekarang aku akan coba menceritakan salah satu penyakit yang pernah diderita Beck. Feline Stroke, secara singkat tentunya. Yup, kucingpun bisa kena stroke seperti manusia!

Feline Stroke atau stroke pada kucing, tak ubahnya seperti stroke pada manusia. Ketika suplay darah ke otak menjadi tidak lancar, dan akhirnya menyebabkan terganggunya fungsi motorik pada kucing.

*Ciri-ciri
Mungkin kamu akan mendapati kucingmu jadi hilang keseimbangan, kepala miring ke satu sisi, sulit jalan, bingung, disorientasi, kesulitan penglihatan, wajah jadi kaku, kebutaan sementara, hilang napsu makan, berat badan turun, atau berubah kebiasaan.

*Penyebab
Penyebab stroke bisa karena trauma kepala, racun, sakit penyakit tertentu, atau reaksi obat yang menyebabkan parasit untuk penyakit tertentu bermigrasi. Dua jenis stoke kucing adalah Ischemia, dimana suplay darah dan oksigen kurang ke otak. Yang kedua adalah hemorrhagic, stroke yang disebabkan pendarahan di otak. Jenis yang pertama lebih umum ditemui.

Untuk mengetahui secara pasti dan tepat penyebab stroke kucingmu, tidak bisa melalui tes darah, urin, atau X-ray. Yang paling baik adalah melalui CT-scan atau MRI. Mengetahui sebab pasti stroke bisa mencegah kembalinya stroke dengan lebih maksimal.

*Pencegahan
Semua jenis kucing bisa kena stroke, meski tampaknya kucing yang dilepas keluar rumah adalah yang paling berpotensi kena, karena mereka bisa saja terpapar racun tikus atau kena bakteri. Jadi cara mencegah kucingmu kena stroke, adalah dengan mengurungnya di rumah saja.

*Perawatan
cara perawatan kucing yang stroke adalah dengan mengembalikan kadar air yang hilang dalam tubuh kucing. Menjaganya tetap makan. Menjaga kucing tetap hangat dan kering dan melapisi tempat tidurnya dengan sesuatu yang menyerap dan diganti secara berkala. Kucing juga perlu dibalik arah tidurnya secara berkala untuk menghindari pegal dan kesemutan, dan mencegah lembab karena kena urin sendiri. Jangan lupa "dijemur" 15 menit setiap pagi sebelum jam 9, dan melakukan fisioterapi setiap pagi untuk menggerakkan otot-ototnya yang kaku.

*Harapan
Semakin segera penanganannya, semakin besar kesempatan sembuh totalnya. Menunjukkan kemajuan dalam 2 minggu pertama memberi kesempatan sembuh yang sangat baik. Kucing bisa sembuh dari stroke dengan kesempatan lebih baik dari manusia dan bisa hidup panjang dan normal selepas stroke. Proses penyembuhan bisa mingguan atau bulanan, dan membutuhkan terapi fisik yang agresif dan kesabaran ekstra.
Yang tentunya tak masalah, karena kita semua sayang kucing kita masing-masing kan?.

Dan tepatnya itu juga yang sekarang sedang kulakukan untuk Beck, supaya dia bisa segera mandiri lagi (Wish me luck).

Semoga kucingmu selalu baik-baik saja. :)

Sumber =
petwave.com/Cats/Health/Brain-Spinal-Nerve/Strokes.aspx
[2]
[3]

update= kucingku sekarang sudah lama 'pergi' bukan karena stroke, tp karena infeksi. (sampe sekarang aku selalu mau nangis kalo nyeritain masa-masa perjuangan dia masih berusaha bertahan meski tahu dia mau pergi T_T)


15 comments:

Rizky Putri Azizah said...

wew, jangan2 kucing q dulu kena stroke juga. nggak mau makan, kayak nggak bisa ngenalin kalo itu makananx sndri, nggak bisa ngeliat, sampe jalannya tu nabrak2. pokokx ciri2x hampir sma dgn yg mb cerita'in. tapi sygx udah meninggal :( udah 3 bln yg lalu mungkin. hmm..

Anonymous said...

Lalu kucingnya gimana mbak.

Fitriati Subrata said...

ya ampun sama persis gejalanya kaya dua kucingq sekarang,udah ke vet ttp aja begitu, untung mlm ini cari2 kasus'na di google
spt'na harus sabar dan tlaten smpe si pus sembuh total lg
thanks info'na sis ^^

Wika Dwika said...

Kucing ku juga ngalamin ini dan baru meninggal hari kamis 11 Des'14 jam 7 malam 😢 namanya Ireng umurnya 6th 😭

teng laura said...

Halo mbak ajeng. Thank u banget utk artikel nya, berguna banget nih. Saat ini kucingku lagi mengalami hal yg sama. Aku mau tanya mengenai terapi fisik nya bagaimana & seperti apa? Trims ya sebelumnya. -Laura-

Ajeng Sitoresmi said...

semua yg saya tahu dan pernah lakukan sudah saya tulis semua di postingan ini.. jika masih membutuhkan petunjuk lebih lanjut,lebih baik segera mengunjungi dokter hewan langganan mengingat urgent-nya masalah ini :)

Unknown said...

Kucing saya kemarin itu tiba2 gx bisa jalan,mau bangun saja susah,tp waktu di hari ke 2 kucing saya agak mendingan,tp waktu mau jalan itu seperti sebentar2 jatuh sperti anak kucing yg baru lahir.apakah kucing saya ini kena stroke ya?

Unknown said...

Kucing ku mati pada hari 20 january 2017 kerana strok habih mengandung kesian.. jumaat..

Wanda Wijaya said...

kucing saya juga mengalami gejala yang sama dan sudah 3 hari ini, inshaallah pnyakitnya bisa sembuh

Anns Setiawan said...

Anak kucing saya baru meninggal jem 11 tadi..seminggu seblumnya sempat jatuh dr ketinggan,dibaca blog mba ajeng,persis ciri" sakitnya aku bingung dia sakit apa,karna posisi muka miring kekanan,diam sja,sesekali nangis...sedih sdh tak tertolong..smoga kimmy di sisi Allah amin..(menyesal merasa bersalah):(

Anns Setiawan said...

Tidak tertolong kucingku,sakit sehari saja(ciri" sih persis di atas tapi salah penanganan)tadi pagi binggung sakit apa saya ksh Vit B saja..sedih memang jika kehilangan kucing yang kita rawat..org mgkn menilai kita alay ya,tpi abaikan,,hikzz

Niken Vijayanti said...

Kucing kesayangan aku namanya snow, udh dianggap kaya keluarga sndri sm keluarga aku. Tdi pagi meninggal, padahal tgl 25 mau 1 tahun. 😭😭😭😭😭

Unknown said...

Kucing q juga lagi sakit percis kyk di blog tadi semoga dia cepat sembuh tapi dia punya benjolan kayak bisul dkt pinggang

Unknown said...

Kucing q juga lagi sakit percis kyk di blog tadi semoga dia cepat sembuh tapi dia punya benjolan kayak bisul dkt pinggang

Unknown said...

Kucing qu sakit spt yg d sbutkan d atas tadinya cuma diare k dokter hewan yg bukan langganan tau tau malemnya kejang2 besoknya langsung lumpuh ksihan liatnya mau makan susah matanya jd buta kemungkinan akibat dosis suntikan yg d berikan skrng sy mau bawa kitten saya k drh langganan mohon doanya ya mdh2an bs sembuh ;(

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...