intelectual property.

you are welcome to look, read, study, and learn. you are welcome to link/share it. you are welcome to quote or rewrite some of my post, but please don't forget to mention me/link my site.
but you are not allowed and please don't take any of the picture (with or without watermark) from this site without my permission.

Thursday, September 10, 2020

Setting Tabungan BTPN Jenius di Etsy Payment


 

Hai Etsy seller yang juga sekaligus Teman Jenius seperti aku,


Bulan ini (September) adalah batas terakhir kita mau ga mau harus migrasi dari pembayaran Paypal ke Etsy Payments. Batas akhirnya sendiri adalah 4 Oktober 2020.

Setelah aku sendiri sempat berbingung-bingung, secara kan Jenius itu akun online dan kita daftar ngga ke kantor cabang manapun. Akhirnya kewajiban ini beres sudah setelah aku gogling sana sini dan scrolling grup FB dan Twitter.

Nah, gimana cara setting Jenius kamu ke Etsy Payments?

buka Etsy Seller. Klik Finances -> Payment Setting

Disana akan terlihat keterangan apakah kita sudah enroll atau belum ke Etsy Payments. Jika belum, klik Enroll


- Halaman pertama

Bakalan keluar semacam form yang harus kamu isi.

1. Tentang Bank.

Tentunya pilih negara Indonesia.

Masukkan keterangan PT. Bank BTPN Tbk.

Bank Code: 213

Branch Code: 4 digit angka pertama nomor rekening Jenius kamu

Branch address:  (Note: alamat ini kucopy sesuai yang tertulis di website https://www.btpn.com/en/tentang-kami/contact-us/lokasi-cabang )

untuk awalan 90, maka masukkan alamat : KCP - Mal Kota Kasablanka. Jl. Casablanca Raya No. 88, Jakarta Selatan.

untuk awalan 001, maka masukkan alamat: KC - JAKARTA (Gn.Sahari). Jl.Gunung Sahari Raya 87 Jakarta

TCR - Mal Kota Kasablanka 4. Jl. Casablanca Raya No. 88, Jakarta Selatan

habis itu baru masukkan nomor rekening Jenius kamu.


2. Tentang diri sendiri.

Untuk bagian ini sepertinya tidak ada masalah sih, tinggal masukkan saja apa yang diminta. Aku memasukkan nama depan dan tengahku di bagian First name. Karena aku dulu pernah repot pas berurusan dengan Western Union karena ga memasukkan nama tengah, sementara di KTP full name tertulis semua.


3. Alamat

Ini juga sepertinya tidak ada masalah. Aku memasukkan alamat korespondensiku yang paling baru.


- Halaman kedua.

Setelah kamu submit, di halaman selanjutnya kamu akan diminta untuk upload foto data diri kamu. Masukkan saja data diri yang masih berlaku sekarang. Menurut hematku, karena tentunya kita akan terus merawat akun Etsy kita dan daripada upload berkali-kali, aku mengupload data diri identity card alias KTP yang berlaku seumur hidup.

---


Setelah beres, kamu akan melihat tulisan "You're enrolled in Etsy Payments".

Jangan lupa untuk rubah Deposit Schedule (kapan Etsy akan menyetor uang ke nomor rekening Jenius kamu) ke durasi yang nyaman buat kamu (aku setting ke once per Month atau sebulan sekali).

Karena Esty Payment ini punya rules:

Indonesia:

Deposit minimum : 28.000

Fee threshold : 1.400.000

Dan jika dalam sekali setor besarnya adalah diantara dua angka yang tertulis di atas, maka kamu akan dikenakan Deposit fee sebesar 28.000.

---


Dengan keberadaan Etsy Payments ini, kita selanjutnya tidak akan berurusan lagi dengan Paypal beserta potongannya.

Tapi bedanya jika biasanya kita langsung dapat pembayaran ke Paypal di setiap transaksi, sekarang kita akan dibayar ke rekening kita sesuai Deposit Schedule yang kita pilih.

Dan diluar kelebihan dan kekurangannya, sebenarnya kita memang tidak ada pilihan selain harus pindah ke Etsy Payments sih, karena setelah tanggal 4 Oktober 2020 kita belum pindah ke Etsy Payments, sama saja dengan kita memutuskan tutup toko Etsy karena ga bisa jualan.



Stay Creative!


@ajeng_poyeng

ajeng-sitoresmi.blogspot.com

4 comments:

Unknown said...

Selamat siang...
Saya mau tanya,saya punya masalah di Enroll Etsy Payments.

Pada bagian Branch code,yang kita pakai branch code kantor pusat atau branch code Denpasar?
Saya tinggal di Denpasar.

Mohon infonya,Terimakasih

Unknown said...

Selamat siang...
Saya mau tanya,saya punya masalah di Enroll Etsy Payments.

Pada bagian Branch code,yang kita pakai branch code kantor pusat atau branch code Denpasar?
Saya tinggal di Denpasar.

Mohon infonya,Terimakasih

Muhammad wildan said...

Thanks Kak Ajeng, akhirnya nemu artikelnya, skrang bisa pake akun jenius buat nerima payment di etsy.

Ajeng Sitoresmi said...

Hai, dimanapun posisi kakak tinggal, coba dulu diisi sesuai dengan poin pertama yang saya tulis.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...