intelectual property.

you are welcome to look, read, study, and learn. you are welcome to link/share it. you are welcome to quote or rewrite some of my post, but please don't forget to mention me/link my site.
but you are not allowed and please don't take any of the picture (with or without watermark) from this site without my permission.

Sunday, June 21, 2015

Pets : Memelihara anak kucing (kitten) di rumah

perkenalkan = Trixy
*warna mata biru ada pada setiap anak kucing,
setelah beranjak dewasa akan berubah menjadi warna mata aslinya
Setelah berkabung lama sejak kematian Beck dan enggan memelihara kucing lagi selama beberapa tahun, akhirnya kami baru saja adopsi kucing di rumah!! Kucing orphan lokal jawa hitam kecil berumur 2 bulan yang kami namai Trixy ini datang ke depan pintu rumah (secara harfiah) dan "memaksa" masuk ke dalam keluarga kecil kami.
Tampaknya dengan adanya kucing baru di rumah (apalagi dengan usia adopsi yang lebih kecil lagi dari Beck dulu) akan membuka kesempatan lebar untuk melanjutkan kembali tulisan bertema "pets" yang sempat berhenti lama setelah kematian Beck dulu.

Yang akan kita bicarakan kali ini adalah bagaimana memelihara anak kucing (kitten) baru di rumah.

Umur berapakah kitten-mu?

dibawah 8 minggu = kitten sebenarnya masih harus bersama induknya, kamu mungkin masih harus membantunya minum susu memakai botol setiap dua jam, dan membantunya pipis atau pup ke litter box. 

8-11 minggu = kitten sudah lebih kuat dan bisa kamu mulai ajarkan untuk makan makanan basah atau makanan kering yang dicampur air. Kitten sudah mulai sangat aktif berlarian dan berlompatan. Awasi agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Jika kamu berusaha mengadopsi kucing liar umur diatas 8 minggu, maka dia akan sangat sulit dijinakkan, jadi adopsilah jika umurnya dibawah 8 minggu (aku pernah mencoba menjinakkan kucing liar remaja, dan gagal total!)

2-4 bulan = kitten sangat aktif dan energinya sangat besar! dia juga butuh makanan lebih banyak 3-4 kali sehari.

4-6 bulan = kitten sudah mulai dewasa, pikirkan untuk mensterilnya sebelum tanda-tanda birahi dimulai. (juga karena mensteril kucing lebih baik, untuk tidak menambah lebih banyak jumlah kucing liar di jalan -karena setiap kucing berhak mendapatkan rumah yang hangat-)

Apa yang harus kamu lakukan terhadap kittenmu =

jangan takut untuk memperkenalkan berbagai macam suara meskipun yang bising sekalipun, pertemukan dengan lebih banyak orang, dan pertemukan juga dengan kucing lainnya, juga melatihnya melakukan beberapa hal (yap, kucing bisa dilatih sama seperti anjing) agar nanti setelah dewasa, kittenmu akan menjadi kucing yang lebih baik dan sehat.

Apa yang harus kamu lakukan sebagai kitten parent =
  1. Siapkan sangkar yang nyaman dan hangat (aku memasukkan kotak sepatu dengan handuk untuk alas sebagai tempat tidurnya, dan memasukkan litterbox di dalam sangkar, dan menutupi sangkar waktu malam karena aku meletakkan kandang di luar rumah)
  2. JANGAN memberi susu sapi karena bisa membuat mencret, beli susu kitten yang bisa mudah didapat di pet shop. Jika kepepet (karena belum punya), beri air hangat.
  3. untuk makanan berikan makanan basah, tapi juga segera perkenalkan dengan makanan kering begitu menurutmu sudah bisa. (beli yang untuk kitten yah, karena kandungannya beda)
  4. antarkan ke litterbox setelah makan dan/atau minum. 
  5. elus sering-sering di semua bagian tubuh (supaya dia biasa dipegang dibagian manapun)
  6. biasakan membersihkannya secara berkala (untuk kitten yang belum bisa mandi air, gunakan handuk lembab lakukan searah rambut, lalu berikan bedak bayi)
  7. berikan mainan (mereka suka bulu-bulu dan yang berbunyi kerincing)
  8. biarkan dia mengeksplorasi berbagai jenis permukaan (karpet, lantai, tanah, dll)
  9. berikan sesuatu untuk dieksplore (seperti kardus, kertas, dll)
  10. perkenalkan ke berbagai suara (aku tinggal di dekat masjid, jadi Trixy sudah biasa dengan suara adzan, petasan, mobil, musik, TV, dan kita yang suka teriak-teriak, :D )
  11. biarkan teman-temanmu datang dan bermain dengan kittenmu
  12. berikan sesuatu untuk tempatnya menggaruk kuku (ini juga PR buatku karena aku belum bikin, dan dia lalu menggaruki sandalku T.T)
  13. jangan biasakan menggaruk atau menggigitmu (jika kakimu digigit, diamkan kakimu jangan bergerak lalu alihkan kittenmu ke mainannya supaya dia tidak menganggap kakimu itu mainan)
  14. ajak ketemu kucing lain (misal ketika ke vet)
  15. ajak jalan-jalan naik kendaraan dan biasakan dengan carrier-nya
  16. jika dia 'nakal', jangan dihukum (seperti diciprati air atau ditiup, atau diteriaki) tapi cukup dicueki saja.
  17. ajarkan trik (seperti tos, tidak mengeong untuk minta makan, makan sambil duduk, dll)
  18. sabar, sabar, dan sabar. (jangan lalu menyerah lalu membuang kittenmu di pinggir jalan yah. Lebih baik tidak usah adopsi dari awal)
Bagi kitten, ibu adalah segalanya, dan sebagai pengganti induk, kamu harus menirukan bagaimana induk kitten selalu memperlakukan anaknya dengan penuh kasih sayang. Elus kitten sering-sering, dari arah depan ke belakang, dan elus bagian muka dengan detil supaya kitten tahu siapa kamu (kamu bisa melakukannya sembari membersihkannya juga). 

Jika kitten berbuat salah jangan diteriaki, cukup diangkat di bagian tengkuk seperti induk kucing dan letakkan di tempat yang kamu inginkan lalu elus dia. (catatan : jangan lakukan untuk kitten usia diatas 10 minggu, karena mereka bisa menganggap ini sebagai hinaan karena 'diperlakukan seperti bayi')

Biasakan kittenmu di dalam kandang atau jika dia tidak boleh masuk ke ruangan tertentu, dan JANGAN menyerah jika dia mengeong-ngeong tanpa henti minta dibukakan pintu. Karena ini termasuk bad behaviour jadi jangan diberi reward (seperti membukakan pintu), jika kamu menyerah dengan eongannya, maka dia akan menganggap jika mengeong berarti mendapatkan apa yang dia mau. Be strong!

Yang harus kamu lakukan setelah mengadopsi kitten =

PENTING! janjian ke vet dalam seminggu setelah kamu mengadopsi kitten, untuk periksa kesehatan dan segera mengobati jika ada masalah (misal cacingan atau kutuan), juga untuk memperkenalkan vet kepada kittenmu. Tanyakan juga kapan dia bisa kamu ajak lagi ke vet untuk pemeriksaan berkala atau untuk vaksinasi. 

referensi = petfinder, jacksongalaxy




No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...