intelectual property.

you are welcome to look, read, study, and learn. you are welcome to link/share it. you are welcome to quote or rewrite some of my post, but please don't forget to mention me/link my site.
but you are not allowed and please don't take any of the picture (with or without watermark) from this site without my permission.

Wednesday, September 2, 2009

Let's go to the movie : Distric 9


*spoiler alert*

produser : Peter Jackson
sutradara : Neill Blomkamp

Fyuuuuh... hampir saja gagal nonton hari ini gara-gara ma hubs yang ditahan-tahan di kantor ampe sore.
Dan khusus buat Anink... okkkeeee aku gagal memenuhi saranmu di reviewmu... aku telat 5 meniiiit!!! So, buat special thanks baut temen2 yang dalam reviewnya telah menuliskan dengan lengkap apa yang terjadi di 5 menit pertama film ini. :D

Now, for the review.
(note : aku akan melewatkan sesi sinopsis -secara banyak review telah menuliskannya- )

Bener-bener ide yang baru.Tak pernah dalam ingatanku aku nonton film alien, dan aku justru membela aliennya seperti di film ini.
Bener-bener ide baru. Ketika alien digambarkan jadi kaum minoritas yang tertindas (biasanya kan kaum minoritas yang dominan).

Bener-bener cara penceritaan yang belum umum, ketika kita diajak melihat cerita ini tak hanya dari kamera yang "tak terlihat", tapi juga dari kamera yang "terlihat", seperti video laporan perjalanan MNU, cctv MNU, kamera pembawa berita, catatan wawancara dengan orang2 di sekitar Wikus sang tokoh utama... yang jika bisa dibilang, mirip cara penceritaan film dokumenter. (cara ini juga pernah kulihat dalam film Parental Advisory. Meski di film yang baru kusebut ini, aku sama sekali tak bisa menemukan keasyikan cara yang dia ambil dan justru bosan setengah mati)

Bener-bener film action yang seru, ketika Wikus mulai memakai senjata alien itu, manusia-manusia terlempar puluhan meter, atau meledak menjadi bubur cacahan daging. (dan benar, jika kau lemah mental, mungkin setengah film hanya bisa kau lewati dengan menutup mata -dan rugi berat-)

Dan kupikir pasti campur tangan Peter Jacksonlah hingga si Prawn punya bahasa alien yang asyik ini. :p

lalu kenapa jika dengan persenjataan sedemikian canggihnya (yang bisa membuat manusia tak lebih seperti tomat ranum yang diledakkan), si Alien selama 20 tahun tak berusaha menguasai bumi (atau setidaknya membuat suatu wilayah khusus buat mereka -apa kau ingat salah satu episode Animatrix-)?
Aku tak bisa berpikir selain karena si Alien sekedar tidak ingin saja. karena sebenarnya tak ada urusan di bumi dan isinya. Dan tak ingin melakukan apapun yang menurutnya "tak penting" itu. Dan urusan utamanya hanyalah ingin pulang.

Aku selalu menyukai film dimana idealisme sang pembuatnya disusupkan di dalamnya.
Dan film inipun juga.
Sedari awal aku merasakan perlambangan2 itu.
Hanya akukah yang merasa MNU = PBB? hanya akukah yang merasa sikap dan sifat dewan keamanan MNU = sikap dan sifat pemerintah/pertahanan Amerika dalam hidup mereka? (yang menurutku menganut falsafah: lebih baik menyerang duluan daripada diserang nantinya) atau hanya akukah yang merasa bahwa Prawn seperti perlambang sekelompok kaum minoritas yang dipingpong dari satu tempat ke tempat lain? (seperti kaum Indian misalnya)

Dan teryata memang benar. Dalam sebuah review yang kubaca sambil lalu semalam, Film ini terinspirasi oleh film dokumenter berjudul Joburg yang juga buatan Neill Blomkamp sang sutradara, yang merekam tentang relokasi besar-besaran kaum non-kulit putih yang tinggal di distric 6 Cape town ke Cape Flats tahun 1966, Johannesburg yang sebelumnya telah menempati tempat itu selama 20 tahun.

Singkat cerita. Ya. Ini film yang asyik untuk mengalihkan kesuntukanmu.
Hanya ada sedikit ganjalan... film ini terlalu cepat selesai!!! Ketika sedang asyik-asyiknya, tiba-tiba "pet" mati begitu saja. Seperti baca komik yang ditamatkan tiba-tiba.
Dan kuhitung-hitung, film ini mulai jam 7.30, dan selesai jam 8.55. Durasi yang amat singkatttt!!!
Memangnya ini film kartun anak2??!!
-Tapi aku justru curiga, apa ada yang di sensor sebegitu banyak?? Karena di review yang kubaca tadi, film ini berdurasi 1 jam 52 menit. Yang berarti aku kehilangan hampir setengah jam sendiri??-

Dan sempat aku menduga, bahwa mungkin saja ini adalah 1 film panjang yang dijadikan 2 film pendek, seperti Red Cliff (dan memang ada kemungkinan untuk itu). Tapi lalu aku berfikir-fikir lagi, ketika ma hubs mulai menebak-nebak lanjutan film ini (yang menurutku akan menjadikan film ini tak ubahnya film action alien biasa), lebih baik tak ada lanjutan film ini.
Karena menurutku ending film ini sudah begitu sempurna.


*space ini kukosongkan untuk gambar sesosok prawn sedang membuat bunga dari metal*

1 comment:

aninkajah said...

Hiyahahahaha...Ajeng SPOILERRR!!!

*spoiler alert*

Keren ya Jeng cuman kenapa terakhirnya si Wikus nggak ikut dibawa ke planetnya si Prawn yah??
Humm....

Betewe i'm waiting for your review on Orphan!!!

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...